Di era digital ini, informasi semakin mudah didapat. Informasi finansial yang dulunya menjadi informasi terbatas dan rahasia kini sudah makin transparan mengikuti perkembangan arus globalisasi. Kini makin banyak orang yang melek finansial dan kemudian menemukan cara menghasilkan uang dengan cara berinvestasi.

Investasi menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan, bukan hanya oleh orang-orang besar yang berduit banyak, tapi juga masyarakat menengah kebawah. Berinvestasi dianggap sebagai cara baru menabung dan menghasilkan uang. Apalagi dengan banyaknya pilihan investasi yang bisa dipilih, memungkinkan orang-orang untuk memilih model investasi yang sesuai dengan modal yang dimiliki. 

Kemudahan akses informasi memudahkan investasi

Jika ingin menghasilkan keuntungan dari aktivitas investasi, Anda bisa melakukannya dalam jangka waktu yang beragam. Ada investor yang memilih untuk menjalani aktivitas dalam waktu pendek namun ada pula investor yang memilih untuk melakukan aktivitas investasi dalam jangka waktu panjang. Hal ini biasanya disesuaikan dengan tujuan berinvestasi masing-masing individu. Jika Anda ingin mendulang keuntungan secara optimal dalam jangka waktu pendek, maka ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebagai berikut :


1. Memperhatikan Iklim Investasi dan Bisnis

Agar keuntungan yang dihasilkan lebih optimal, maka Anda perlu memperhatikan lebih dulu iklim investasi dan bisnis yang ada saat ini. Sebab, seorang investor perlu terbuka dengan informasi yang ada dan memperhatikan iklim investasi dan bisnis yang sedang terjadi. Ketika iklim investasi dan bisnis sedang berada dalam kondisi buruk, maka sebaiknya tahan terlebih dahulu keputusan untuk berinvestasi dan tunggu sampai iklim investasi dan bisnis membaik. Saat iklim membaik maka investasi akan lebih mudah untuk dijalani dan Anda pun bisa mendulang keuntungan dengan mudah.


2. Memilih Investasi dengan Imbal Hasil Pasti

Untuk mengoptimalkan keuntungan dalam waktu 1 tahun, Anda bisa memilih skema investasi dengan imbal hasil yang pasti. Kepastian imbal hasil bisa membantu mengoptimalkan keuntungan yang didapat dalam waktu satu tahun. Selain itu, saat ini ada skema investasi jangka pendek yang bisa Anda pilih karena bisa memberikan imbal hasil secara pasti. Salah satu skema yang perlu Anda pertimbangkan adalah skema peer to peer lending.


3. Memilih Investasi dengan Return yang Optimal

Tidak hanya pasti, skema imbal hasil yang ditawarkan skema peer to peer lending juga lebih optimal. Sebab, Anda bisa mendapatkan persentase imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan imbal hasil sejenis. Selain itu, sebagai investor Anda juga bisa memilih sendiri profil risiko yang diinginkan karena ada berbagai return dan risiko yang berbeda-beda. Fleksibilitas inilah yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan sendiri portofolio investasi Anda sekaligus menghasilkan keuntugan yang lebih banyak dalam waktu 1 tahun.


Well itu tadi 3 tips untuk mendulang keuntungan dari investasi secara optimal dalam waktu 1 tahun. Semoga bermanfaat :) 

0 Comments