Membuat cover buku sendiri bagi penulis pemula kadang membingungkan. Meskipun ada pepatah don't judge the book by it's cover-jangan menilai buku dari covernya-tapi sebagian besar calon pembaca melewatkan buku-buku dengan cover yang tidak menarik, dan pada akhirnya buku dengan cover tidak menarik tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan isinya. 

Sebagai seorang penulis yang sudah menulis di berbagai platform, aku juga kadang kesulitan untuk membuat ilustrasi cover buku sendiri. Apalagi untuk platform publikasi buku online yang sedang digemari remaja zaman sekarang seperti wattpad dan storial. Penulis dituntut untuk menyiapkan semua keperluan bukunya sendiri, termasuk untuk cover dan gambar-gambar pendukung. Berbeda sekali ketika menerbitkan buku di penerbit, terutama penerbit mayor. Tinggal kirim naskah, dan bila disetujui dapat naik cetak, penerbit sendirilah yang akan menyiapkan ilustrator untuk mempercantik bukumu.

ilustrasi cover
Cover buku-bukuku


Cover adalah bagian yang penting dalam penyusunan buku. Karena itulah, buat para penulis pemula yang baru ingin mempublikasikan bukunya, aku sudah menyusun 4 langkah mudah untuk memudahkan kalian membuat cover kalian sendiri.

1. Melakukan Riset Cover

Langkah pertama tentu mencari tahu ketentuan cover yang akan dibuat. Lakukan riset, jangan buru-buru mendesain. Masing-masing platform punya ketentuan luas cover masing-masing. Penting pula untuk mengetahui berapa size cover yang bisa diupload, agar bisa menyesuaikan kualitas gambar atau ilustrasi yang ingin dipakai.

Sesuaikan platform publikasimu. Jika kalian ingin membuat cover buku yang akan diterbitkan, cobalah untuk mencari tahu warna apa yang paling menarik perhatian dan font sebesar apa yang dibutuhkan agar judul terlihat jelas dan menarik calon pembeli untuk mampir dan membeli bukumu. Jika kalian ingin mempublikasikan buku ke platform online, maka cari tahu gambar seperti apa yang paling banyak menarik perhatian pembaca.

Perhatikan buku-buku dengan genre dan kata kunci yang sama dengan bukumu, untuk mencari celah agar desain covermu beda dari yang lain, sehingga saat dipublikasi nanti, covermu jadi yang paling menarik perhatian.



2. Mengonsep Cover

Sudah ingin buru-buru mendesain? tunggu dulu! Coba ambil sehelai kertas dan tuliskan apa saja elemen-elemen yang akan kalian masukkan kedalam cover buku. Apakah hanya nama dan judul? Apakah akan menambahkan sepenggal kalimat atau testimoni pembaca?

Mengonsep membuat cover yang akan dibuat lebih matang dan professional. Selain menyusun apa saja yang ingin dimasukkan dalam cover, kita dapat menyesuaikan ide dan imajinasi kita dengan hasil riset yang sudah dilakukan. Apakah dalam genre buku yang akan kamu publikasikan, banyak buku menggunakan cover yang isinya ramai? Cover yang ramai sering ditemukan pada buku anak-anak, sedangkan buku dengan elemen yang lebih sedikit lebih banyak ditemukan pada buku sastra yang peminatnya tidak terlalu mementingkan banyak elemen.


3. Memilih Gambar dan Font 

Sudah menentukan konsep? Sekarang saatnya eksekusi. Kalian bisa memilih, mau memulai dari memasukkan gambar atau huruf lebih dahulu. Kalau aku, aku lebih suka memasukkan huruf-huruf seperti judul, nama dan blurb terlebih dahulu kedalam desain cover yang kubuat. Letaknya disesuaikan dengan konsep yang kubuat. Hal ini kulakukan karena saat memilih gambar, aku sering lupa konsep dan malah mengubah-ubah letak huruf karena ingin menyesuaikan dengan space dari gambar yang kutemui.

Jika tidak bisa mendesain gambar sendiri, hal yang lazim dilakukan oleh penulis pemula adalah mencari gambar yang relevan di internet. Ada jutaan pilihan yang bisa dipilih, namun kadang masih belum memuaskan. Ada saja yang kurang, sampai membuat pusing karena memang ilustrasi yang tersedia secara gratis di google punya banyak kekurangan. Mulai dari resolusi yang kecil, format file yang tidak cocok dan kadang tidak memberi space yang cukup untuk menaruh kata-kata.

Aku pribadi cukup sering bertemu dengan gambar/ilustrasi yang bagus di google yang cocok untuk cover buku/blog-ku, namun ada watermark yang menandakan bahwa ini adalah ilustrasi shutterstock. Shutterstock adalah website yang menyediakan jutaan gambar dan ilustrasi yang bagus dan memang dibuat oleh desainer profesional. Gambar dan ilustrasinya dapat didownload dengan cara membayar sejumlah uang. Tidak terlalu mahal untuk ukuran sebuah karya, apalagi jika ingin menggunakannya untuk mempromosikan buku karangan sendiri. Worth it.


Download gambar shutterstock
Gambar, foto dan ilustrasi gratis yang bisa kamu pakai untuk cover bukumu


Sesama creator harus saling menghargai kan? Kalau mau pake ilustrasi keren di covermu, maka hargailah creator ilustrasi tersebut dengan membayar karyanya. 

Tapi, gimana dong download gambar shuttertock? Jika melihat page subscription shutterstock, mereka menawarkan beberapa paket untuk mendownload gambarnya. Tapi pake dollar. Duh susah juga ya? Padahal cuma mau bikin cover aja kok urusannya jadi ribet? Nah, makanya ada anekapics.com.

AnekaPics.com menyediakan jasa download konten dari shutterstock. Mulai dari download gambar shutterstock untuk cover bukumu, sampai ke footage video dan musik. Anekapics.com memudahkan kalian untuk mengunduh bahan dari shutterstock, jadi tinggal pilih aja nggak usah susah-susah mengurus administrasi ini-itu, tukar mata uang dulu hehe.

Download gambar amazing shutterstock lebih mudah dengan anekapics.com
Download gambar amazing shutterstock lebih mudah dengan anekapics.com

Misalnya kayak gambar diatas deh. Ini bisa didownload versi JPEG kalau kamu cuma mau nambah judul dan nama pengarang, atau versi Vektor buat kamu yang bisa ngedit-edit. Dari 4 desain ini aja udah cocok banget kalau mau bikin cover buku dengan genre fantasi/luar angkasa. Ya nggak sih? Nah kalau udah cocok tuh, tinggal hubungi anekapics.com dan pilih paket 1 gambar yang disediakan anekapics.com saja, cuma 5 ribu kok! Murah kan? Gampang juga buat dilakukan pemula.


4. Menyusun Elemen Cover dalam Software/Website/Aplikasi Edit Gambar

Terakhir, baru deh menyusun semuanya! Ada banyak pilihan software di komputer/laptop yang bisa digunakan, seperti Corel draw, Adobe Ilustrator dan juga photoshop. Kalau kurang mampu mengoperasikan software tersebut, cari website sejenis untuk edit cover seperti canva. Pun jika tidak sedang didepan laptop, ada ratusan aplikasi yang bisa diakses lewat smartphone. Mendesain dizaman sekarang sudah jadi urusan mudah, jadi jangan sampai malas berkreasi. Gunakan konsep yang sudah dipersiapkan agar covernya sesuai dengan bukumu.


Bagaimana? Kuharap 4 langkah tadi dapat membantumu membuat cover buku yang bagus.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

8 Comments

  1. mantab, sudah tahu bikin cover buku yang kece
    tapi.....
    problemnyo kini dekkkk...mebak belum buat bukunyo :D

    ReplyDelete
  2. Sepertinya bunda harus siapkan untuk buat buku ni

    ReplyDelete
  3. Noted! Semoga impian bikin buku solo tercapai segera.

    ReplyDelete
  4. Saya save fir tulisan fira yang ini, pas banget dengan permasalahn yg saya alami. Kebingungan cara buat cover buku. Hee. Tulisan fira yg ini bisa buat jadi referensi. Thank ya fir

    ReplyDelete
  5. Next, blehlah aku bljar ttg cover buku ini sama mbak fira.

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sih belum kepikiran sampai ke sini Fir, soalnya belum ada buku karya sendiri, btw thanks ini buat jadi referensi, mana tahu suatu saat bisa menerbitkan buku.

    ReplyDelete
  7. oh kayak gitu ya.. baru tau. terima kasih banyak tips nya...

    ReplyDelete