Dalam beberapa tahun terakhir ini, acara lari 5k dan 10k banyak diadakan di Kota Bengkulu. Sebelumnya, event jalan santai lebih sering diadakan penyelenggara acara karena melibatkan lebih banyak massa, dari yang kanak-kanan sampai orang tua semua bisa ikut. Rute yang dipakai lebih pendek dan kecepatan rombongannya lebih lambat, memungkinkan peserta untuk menikmati pemandangan sambil berolahraga ringan.

Pergeseran event besar ke olahraga lari jarak 5 dan 10 k dimulai sejak tahun 2017. Pemerintah Kota Bengkulu mengadakan Bengkulu Run untuk pertama kali tanggal 26 Maret. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian event untuk menyambut hari jadi Kota Bengkulu. Acara lari 10k dan 5k menjadi ajang adu cepat atlet nasional dan juga atlet lokal dari beberapa kategori umur. Hadiah yang diperebutkan sampai ratusan juta, membuat semua berdebar menunggu siapa saja yang berhasil finish tercepat. Pada event pertama tersebut, rekor tercepat di rute 10k dipegang atlet Jawa Barat Agus Prayogo yang mencatatkan waktu 30 menit.

Meskipun rute 10k dan 5k terasa begitu panjang dan melelahkan untuk masyarakat awam, namun peserta event seperti ini makin meningkat dari tahun ketahun. Semakin banyak masyarakat yang ingin mencoba menakhlukkan jarak yang jauh tersebut. Menang atau kalah tidak penting karena berhasil finish saja sudah merupakan pencapaian yang berkesan bagi masing-masing individu.







Bagi yang penasaran ingin mencoba lari di event serupa, catat 3 event ini di kalender anda agar tidak ketinggalan info!

1. Bengkulu Run

Acara ini dilakukan untuk memperingati HUT Kota Bengkulu. Tahun ini event ini sudah memasuki tahun ketiga. Biasanya dilakukan di bulan Maret dan bertempat di sport center. Rute lari 5k dan 10knya dimulai dari sport center kemudian menuju penurunan dan simpang lima. Saat kelompok 5k berbelok ke Anggut, kelompok rute 10k akan berlari terus ke Suprapto – Benteng Malborough – Tugu Pers – Kampung Nelayan – Taman Berkas lalu finish di Sport Center.


Finish 10k Bengkulu Run 2017!


2. Bengkulu City Run

Acara ini sebelumnya bernama Bengkulu Rafflesia Run yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Bengkulu untuk merayakan HUT Provinsi Bengkulu. Tahun lalu, acara ini mendapat banyak sekali respon bagus dari pelari lokal karena eksekusi eventnya yang amat bagus. Pelari bukan hanya mendapat race pack kece yang berisi kaos, nomor lari dengan tracker dan juga tas dengan desain cantik, tapi juga mendapatkan medali saat berhasil finish. Sambil menunggu pengunguman pemenang lari dan doorprize-pun, para pelari dapat menikmati penampilan band indie lokal.


Finish 10k Bengkulu City Run 2018!


3. Bengkulu Berlari

Acara satu ini diselenggarakan oleh komunitas lari lokal Bengkulu, yaitu Bengkulu Enthusiast Runner (Beerus). Meskipun tidak menyediakan banyak hadiah namun acara tahunan yang dilakukan untuk memperingati ulang tahun komunitas ini juga asyik untuk diikuti. Karena yang ikut hanya orang-orang yang memang suka berlari dan bukan dalam kondisi kompetisi, suasananya jadi lebih akrab dan menyenangkan.



Itu tadi 3 event lari yang tidak boleh dilewatkan saat sedang berada di Bengkulu. Jika ingin coba yang lebih ekstrim lagi, ada Bengkulu Thriathlon (kombinasi dari olahraga renang, bersepeda dan lari) yang dilaksanakan tiap tahun. Jangan lupa, sebelum mengikuti event olahraga berat selalu lakukan persiapan 2-3 minggu sebelumnya.Paling tidak ya latihan lari di jogging track Pantai Panjang. Hal ini dapat memperkecil resiko cidera saat mengikuti event-event tersebut.

2 Comments

  1. Jadi nggak sabar nunggu event Bengkulu City Run 2019 :)

    ReplyDelete
  2. mbak kalo adaa event lg dibengkulu share dong hehee

    ReplyDelete