Kanker Payudara? Penyakit ini sangat ditakuti oleh kebanyakan orang khususnya para wanita. Pas KKN lalu, aku dan teman-teman tim Apoho sepakat untuk memasukkan 'edukasi dengan topik kesehatan payudara' sebagai salah satu program kerja kami.

Berbagai faktor dapat mempengaruhi penyakit ini dan jika tidak ditangani dengan cepat, maka sel kanker dapat menjalar ke bagian tubuh lainnya, seperti jantung dan atau paru-paru. Perawatan Kanker Payudara dapat dilakukan dengan mengenali gejala dan ciri-cirinya sejak dini. Salah satu caranya yaitu dengan SADARI alias Periksa Payudara Sendiri.

Infografis SADARI yang kami bagikan pada wanita Apoho saat KKN
Selain munculnya benjolan di bagian payudara, kanker payudara dapat dikenali lewat ciri-ciri atau tanda berikut:
  • Perubahan bentuk pada puting payudara Anda. Lihat perubahannya, jika mengalami perubahan yang tidak biasa, maka perlu diwasapadai.
  • Perubahan ukuran, bentuk, dan juga tampilan payudara jika tidak secara umum, maka Anda pun harus segera memeriksakan diri ke dokter.
  • Rasa sakit pada bagian payudara yang tak kunjung hilang bahkan jika Anda memasuki siklus haid berikutnya. Ada yang merasa sakit atay nyeri pada bagian payudara.
  • Jika puting mengeluarkan cairan bening, kuning atau berwarna coklat, segera cek ke dokter untuk memastikan gejala tersebut.
  • Bengkak di sekitaran ketiak yang disebabkan oleh pembesaran kanker getah bening pada bagian tersebut.
  • Puting payudara tiba-tiba memerah bahkan terjadi pembengkakan yang tidak diketahui sebab akibatnya.
  • Urat-urat atau pembuluh vena di bagian payudara terlihat jelas.
  • Jika kanker tersebut sudah mencapai stadium lanjut, maka akan tampak kelainan pada kulit payudara, kulit kemerahan seperti kulit jeruk, kulit bagian payudara akan mencekung karena tertarik oleh benjolan tersebut.
Jika hal tersebut terjadi, maka harus segera diwaspadai, karena gejala kanker terutama untuk payudara dapat dideteksi sejak dini. Segera periksakan diri ke dokter dan konsultasikan secara langsung pengobatan yang harus dijalani. Jangan sampai dibiarkan karena efeknya besar :( Kalau ada sanak saudara yang mengeluh terjadi perubahan pada payudaranya, ada baiknya segera dibujuk untuk mencari bantuan.


Oh iya ikuti juga info kesehatan lainnya di https://www.guesehat.com/

6 Comments

  1. Semoga semakin sedikit warga Indonesia yang terkena penyakit ini, ngeri euy

    ReplyDelete
  2. Semoga dengan adanya inf-info seperti ini,dapat menyelamatkan banyak orang.

    ReplyDelete
  3. Kalau bisa terdeteksi dini, pasti bisa mengurangi komplikasi ya

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat sekali ini. Kita harus sadari banget untuk mencegah penyakit kanker payudara

    ReplyDelete
  5. Kita perempuan harua betul kenal ama diri kita soal beginian. Supaya kalo ada penyakit atau troble. Akan ada soluai cepat

    ReplyDelete
  6. Kanker payudara memang menyeramkan mbak.naudzubillah.. Smga kita d jauhkan dri penyakit ini . Aamiin..

    ReplyDelete