Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2018

Batu Bolong Part 2 | Mencari Surga Tersembunyi di Enggano

Baca dulu part 1 nya disini

Kalau dihitung-hitung, ikannya bisa nyampe 50 ekor, dan ukurannya setelapak tangan gitu. Kalau di Bengkulu, makan ikan paling cuma 1 potong, bagian ekornya aja pula. Disini dikasih sebanyak itu.. Mana bener-bener fresh habis ditangkap kan ya haha.

Dari serenteng ikan tadi, ternyata yang mau diolah cuma setengahnya. Thank god haha. Selain bingung gimana ngabisinnya, bingung juga nih berapa lama ngebersihin ikannya.

Langsung deh, aku dan Dessy diajarin gimana cara ngebersihin ikannya. Aku lupa jenisnya apa, yang jelas aku dan Dessy diberi tahu untuk berhati-hati dengan bagian siripnya yang tajam dan ada racun. Jadi harus dipotong terlebih dahulu sebelum membersihkan sisiknya.

Oke sipp


Karena telenannya dipakai buat motong-motong cabe rawit, jadi kami membersihkan ikannya diatas batu-batu. Asik yah


Selagi aku dan Dessy membersihkan ikan, Yayak dan Dinda membuat pelengkapnya, yaitu kecap dengan irisan bawang dan cabe rawit. Uu~ mantap tuu. Izo membantu menyia…

My Sekre-Mate

Sebelum menutup 'Cerita Dari Enggano' the series- aku pengen ceritain sedikit tentang tim KKN-ku di Apoho ini. Bukan gosip kali ya, tapi lebih ke impresiku ke mereka setelah tinggal sebulan lebih dengan mereka. Juga sebagai pengingat-dan terima kasih, karena sudah mau tinggal denganku (walah bahasanya XD) dan memahami kebiasaanku yang berisik hahahaha.

Kami tinggal di kompleks koramil (Komandan Rayon Militer) Kecamatan Enggano. Awalnya, ketika diberi tahu kalau "yang dapat di Apoho tinggal di koramil", aku membayangkan rumah kecil berdinding kayu dan semi tenda begitu. Hanya bisa membayangkan, karena tidak ada yang ngasih liat foto tempat tinggalnya. Aku juga sampai membawa sleeping bag, karena aku membayangkan tidur beralas lantai semen.

Pas sampai ke Apoho, aku kaget dong.

"I.. ini beneran sekre kita?"

Rumahnya baru selesai dibangun, masih ada tangga kayu gitu buat ngecat. Salah satu pekerja bangunannya baru saja selesai finishing. Omg *teriak dala…

Batu Bolong Enggano Part 1 | Mencari Surga Tersembunyi di Enggano

Batu lobang. Apa itu batu lobang? Batu yang berlubang? Apa istimewanya?

Semua orang menyarankan agar kami mengunjungi batu lobang. Katanya disana bisa mengapung.. kenapa? Aku juga nggak tahu. Pokoknya kalau dari foto-foto orang yang pernah berkunjung, tempatnya seperti setengah donat gitu, dan ada kolam kecilnya. Katanya tempatnya ada di Pulau Komang, di sisi barat Pulau Enggano.

Untuk menempuh tempat ini, perginya dari Desa Banjarsari naik perahu kecil lalu menyisiri pantai ke arah barat. Aku nggak tau seberapa jauh, dan apa aja yang harus dipersiapkan, tapi minta pergi kesana XD.

Keinginan ini baru terkabul di minggu terakhir di Enggano. Karena kami menemani DPL ke Banjarsari, kami jadi tahu kalau teman-teman kami mau berangkat ke Batu Lobang besoknya, dan karena itu juga Izo jadi punya waktu untuk nanya-nanya "bagaimana caranya pergi ke Batu Lobang".



Baca juga :  Mencari Sunset di Ujung Batu


Beruntungnya kami, kami bisa berangkat sehari setelah anak-anak dari Banjarsari. Ka…

Kenangan di Banjarsari | Mencari Kerang Cantik dan Sunset di Enggano

Anak-anak Bengkulu, pasti tau dong ya kalau dulu tuh di Pantai Panjang gampang banget ngumpulin batu-batu cantik, cangkang kerang, pecahan terumbu karang dan kucingan gitu.. Dulu itu tapi, saat aku masih SD dan ketika pasir pantai panjang masih putih bersih.

Senang banget habis main air di pantai, ada aja yang dibawa pulang waktu dulu. Biasa anak kecil kan ya, paling banter bawa pulang seplastik aqua gelas doang hehe.

Tapi sekarang, boro-boro ketemu kucingan atau cangkng kerang, yang ada juga sampah plastik terdampar di pinggir pantai :'(
Pantai yang Cantik di Banjarsari Pergi ke pantai yang ada di desa Banjarsari, membuatku kembali teringat dengan kenangan masa kecilku. Ketika datang ke pantai langsung disambut dengan pantai pasir putih dengan banyak perhiasan laut.



Bahkan ada cangkang kerang yang besar, biasa kita liat di tv kerang yang isinya mutiara gitu. Hal ini dibenarkan oleh teman-temanku yang kkn-nya di desa ini. Kadang-kadang anak-anak desa datang ke sekre mereka me…