Pelabuhan Malakoni, Enggano


Halo!

Kali ini aku mau kasih catatan kecil tentang Pelabuhan Malakoni. Seperti yang aku sudah pernah ceritakan sebelumnya, transportasi laut menuju Enggano ini ada dua. Satu kapal ferry Pulau Tello dan satu kapal perintis Sabuk Nusantara 52. Kapal ferry Pulau Tello merapat di Enggano melalui Pelabuhan di Kahiyapu sementara kapal perintis merapat di Pelabuhan Malakoni.

Nah, saat kami berangkat (dan pulang) KKN tahun lalu, kami ikut kapal ferry Pulau Tello. Alasan dipilihnya kapal ferry ini yaitu bisa mengangkut truk yang kami sewa (bawaan kkn 6 sekre coy, haha) juga karena jadwalnya lebih banyak daripada kapal Perintis yang hanya seminggu sekali. Kalau tidak salah jadwal kapal perintis ini, berangkat Rabu dan sampai pada hari Kamis (perjalanan sekitar 10-12 jam), sedangkan kapal ferry bisa hari selasa atau jumat berangkatnya. tapi keberangkatannya tergantung cuaca banget karena kapalnya lebih kecil daripada kapal ferry.


Pagi di Pelabuhan Malakoni

Kapal perintis ini dioperasikan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Kapal perintis yang berkapasitas 285 penumpang ini mampu mengangkut barang hingga 400 ton. Rutenya tidak hanya Bengkulu-Enggano tapi juga melewati rute kapal perintis yaitu Bengkulu-Enggano-Teluk Bayur Sumber - Sikakap.

Kapal perintis yang dirakit di Madura ini berkapastias 285 penumpang dan mampu mengangkut barang hingga 400 ton. Rute perjalannya tidak hanya Bengkulu-Enggano, namun juga akan melewati rute kapal perintis yakni Bengkulu-Enggano-Teluk Bayur Sumber-Sikakap dan diperkirakan akan tiba di Enggano sekali seminggu.

Read More at: Peresmian Kapal Sabuk Nusantara 52 | Terkini! https://bengkuluekspress.com/peresmian-kapal-sabuk-nusantara-52/
Aku mencoba mencari tarif kapal perintis ini (dulu pernah tau tapi lupa XD) tapi belum ada website yang mencantumkannya secara jelas, bahkan dari website pelni. Yah mau bagaimana lagi, pas kami mau berangkat juga teman-teman mesti pergi ke Pulau Baai dulu dan bertanya sendiri ke Pelabuhan. Ketidakjelasan ini juga didorong faktor cuaca juga, kalau badai maka kapal batal berlayar. Aku dan teman-teman juga batal berangkat 2 kali karena faktor cuaca tahun lalu (untung pas pulang tidak badai hehe). Pun saat berangkat, kami merasakan banget goyangan kapal (*taaarik maaang XD) saat badai.

Baca juga : Cerita KKN-ku (keberangkatan)

Pokoknya nanti kalau udah dapat infonya, akan kucantumkan disini ;D


Air lautnya jernih sekali..
Pose dulu :P
Meskipun tidak melewati Pelabuhan Malakoni saat datang dan pulang, aku dan teman-teman menyempatkan diri untuk pergi ke Pelabuhan Malakoni. Ya jalan-jalan saja.. kebetulan dari Desa Apoho ke Desa Malakoni dekat sekali, hanya 200 meter mungkin jaraknya.

Jalan kaki ke Malakoni
 
Sekalian jajan mi ayam dan main ke sekre kawan-kawan di Malakoni :D Di Enggano dimana lagi cari mi ayam kalau bukan ke Malakoni.


Makan mi ayam rame-rame di Desa Malakoni

Comments

  1. Saya belum pernah ke sini fira, pengen banget bsia ke sini, nginap di sana ama keluarga kayaknya sik dan seru yaaah

    ReplyDelete
  2. Nawra dan adik-adiknya kalo diajak ke sana pasti suak Fira, main air betah berlama-lama, sayang amsih terlalu jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seru main air mbak tapi kalau bawa anak kecil harus diperhatikan mba pas main.. soalnya daerahnya masih rawan dan kami sering ketemu ular juga

      Delete
  3. Emak cantik butuh waktu khusus ke sana, biar bisa menikmati dan eksplore wisatanya. Mantap sekali

    ReplyDelete
  4. Airnya masih alami belum butek kayak di Kota...

    ReplyDelete
  5. Ajakin aku dong sesekali ke Enggano, baca serinya di blog Fira jadi pengin berkunjung

    ReplyDelete
  6. Pernah dengar cerita suami yg juga dulu kesana krn diminta ngawas ujian, pantainya masih jernih dan cantik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, masih banyak bintang laut.. rumput laut sama karang-karang yang cantik yang terdampar di pantai

      Delete
  7. Indah2 ini lokasi buat foto ya mbak di pulau enggano. Trmasuk yg pelabuhan ini .

    ReplyDelete
  8. Liatin foto-foto Fira buat mbk jadi mupeng ke Enggano. Kren banget pemandangannya, Seger

    ReplyDelete
  9. Baca series Enggano di Jejaja ini jadi penasaran banget main ke Enggano deh. Tapi kata temen aku yg KKN di sana, nyari toilet agak susah. Iya gak sih Fir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba XD beruntung kalau sekre kami dapat yang bagus dan punya 2 toilet. Tapi ya kalau jalan-jalan ke desa lain atau ke pantai komang.. ehem.. wc-nya alam XD

      Delete
  10. aku belum pernah kesanaa, kayaknya seru tu kak

    ReplyDelete
  11. pengen juga kesana tapi kapan yaaa hmm

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer