Pantai Kami yang Cantik, Pantai Apoho


Halo!

Kali ini aku mau share foto-foto kece dari Pantai Apoho di Pulau Enggano. Sebenarnya aku juga kurang yakin nama pantainya apa, tapi karena bagian pantai ini ada di Desa Apoho, jadi aku dan teman-teman KKN menyebutnya Pantai Apoho.

Sebagai informasi, Pulau Enggano merupakan pulau terluar Indonesia yang berada di Samudera Hindia. Bagian timur berhadapan dengan Pulau Sumatera sedangkan bagian baratnya menghadap ke Samudera Hindia nan luas. Bagian yang ditempati penduduk adalah bagian timur, 6 desa dari selatan ke utara berturut-turut adalah Kahiyapu, Ka'ana, Malakoni, Apoho, Meok dan Banjarsari.



Pulau Enggano punya banyak pantai yang indah dan masih terjaga kelestariannya. Beruntung aku tahun lalu bisa pergi kesana dan merasakan keindahan alam dan keramahtamahan penduduknya :D

Baca juga cerita tentang awal mula KKN Enggano

Anyway, Desa Apoho ini karena luas daerahnya yang kecil, otomatis garis pantainya juga paling kecil daripada desa lain. Jika melihat ke kanan, maka bisa liat pelabuhan di Desa Malakoni, hehe. Pergi ke pantai juga gampang sekali, tinggal mengikuti jalan setapak saja sudah sampai. Bisa dari samping bank Bengkulu, balai desa atau dari samping rumah warga. Ah gampang deh pokoknya, langsung tembus ke Pantai.

Salah jalan setapak melewati daerah sawah kecil, ngobrol dengan warga
Aku dua kali ke Pantai Apoho, sekali dengan teman-teman dari sekre sebelah, selanjutnya bareng Yayak. Beda jalan masuk pantainya, dan waktunya. Bareng teman-teman dari sekre sebelah itu pas lagi persiapan konsumsi acara penutupan liga Volly Apoho, dan perginya agak sore. Suasanya pantai sejuk dan airnya sedang surut. Kami bisa mengamati banyak binatang laut seperti bintang laut dan kawan-kawan (sayang tidak bareng anak kelautan, jadi nggak tau ini binatang apa gitu wkwk)

lagi surut nih
Teman-teman dari sekre sebelah
Foto diantara bakau

Pecahan terumbu karang banyak loh di pinggir pantai

Dilain waktu, aku pergi bersama Yayak menggunakan jalan setapak yang lebih dekat dengan sekre KKN kami. Ini foto pas pagi sekitar jam 11? Airnya masing pasang dan terlihat gradasi yang cantik karena banyak terumbu karang dan rumput laut didaerah pantai.


Pantai Apoho yang cantik
Bikin video sambil duduk pinggir pantai

Ini perbedaan pantainya pas pasang dan surut. Sama-sama cantik yah :D

Surut
Pasang
Selanjutnya aku akan posting lebih banyak lagi foto dari Enggano :D Ditunggu ya :D






Comments

Populer